Tunggu, sedang memuat. . .

Kelebihan Dan Kekurangan Format FAT32, NTFS Dan exFAT

Kelebihan Dan Kekurangan FormatFAT32, NTFS Dan exFAT – Mungkin ada sebagian dari kamu yang belum mengetahui jika laptop ataupun komputer mempunyai format yang berbeda – beda antara yang satu dengan yang lainnya.

Terutama untuk sistem operasi Windows yang mempunyai tiga macam format popular yang seringkali digunakan sebagai format partisi dari Hardisk, SD Card ataupun Flashdisk dan ketiga buah format tersebut adalah FAT32, NTFS dan juga exFAT.

Baca Juga: 5 Daftar Aplikasi Rahasia Sadap HP Android Paling Keren

Untuk kamu yang belum familiar dengan tiga macam format tersebut dan ingin mengetahui lebih jelas perbedaan dari 3 format berbeda tersebut serta kelebihan dan kekurangan yang dimiliki tiap – tiap format itu, maka silahkan simak ulasan dari kabarselular.com berikut ini yang akan kami ulas secara jelas dan tuntas.

Perbedaan FAT32, NTFS, exFAT

kelebihan-dan-kekurangan-format-fat32-ntfs-dan-exfat

kelebihan-dan-kekurangan-format-fat32-ntfs-dan-exfat

1#. FAT32

Salah satu format pastisi yang sudah terbilang tua dan masih tetap dipakai sampai sekarang adalah FAT32.

FAT32 ini merupakan sebuah format yang pertama kali diperkenalkan ke publik pada tahun 1995 yang bertujuan untuk lebih menyempurnakan dari format FAT16 yang memang sudah terbilang cukup tua tersebut.

FAT32 menjadi salah satu format yang sudah didukung dengan begitu banyak jenis perangkat karena usianya yang sudah terbilang tua tersebut.

Beberapa kelebihan yang dimiliki pada FAT32 ini adalah sudah didukung oleh banyak jenis perangkat seperti Windows, SD Card sampai pada Flashdisk dan juga Linux serta Mac.

Akan tetapi, kekurangan yang dimiliki FAT32 ini adalah kemampuan yang dimiliki oleh format ini sangat terbatas dan hanya bisa menyimpan file tunggal sebesar 4 GB saja serta menyediakan partisi sebesar 8TB.

2#. NTFS

NTFS adalah sebuah format partisi Hardisk yang lebih disempurnakan dari Windows.

NTFS sendiri dirilis bersamaan dengan Windows XP yang sudah dilengkapi dengan berbagai perbaikan dari format FAT32.

Kelebihan yang dimiliki oleh NTFS ini diantaranya adalah mempunyai ukuran partisi yang sudah cukup besar dan juga sudah dilengkapi dengan file permission untuk lebih menjaga keamanan, catatan perubahan untuk recovery, disk quota limit dan juga beberapa fitur unggul lainnya.

Akan tetapi kekurangan yang dimiliki oleh NTFS ini adalah tidak seluruh sistem operasi sudah didkung oleh NTFS tersebut.

Meskipun Mac sudah dapat membaca format NTFS ini namun tetap tidak dapat ditulis didalamnya, selain itu perangkat non komputer seerpti mp3, televisi, kamera dan perangkat lainnya juga masih banyak belum didukung dengan format NTFS ini.

3#. exFAT

exFAT resmi diperkenalkan pada publik pada tahun 2006 yang lalu sebagai sebuah penyempurnaan dari format pendahulunya yaitu FAT32.

AKan tetapi, exFAT ini lebih secra aspesifik dirancang untuk membentuk optimasi sederhana dari FAT32 namun tetap juga mengambil keuntungan dari batasan partisi yang dimiliki format NTFS.

Fitur exFAT ini juga sangat sesuai digunakan untuk format partisi dari sebuah flashdisk.

Kelebihan yang dimiliki oleh exFAT ini adalah sudah bisa digunakan sebagai partisi pada perangkat portable dan juga dapat di deteksi oleh Mac serta beberapa distro Linux lain sepenuhnya.

Akan tetapi exFAT juga tetap memiliki kekurangan yaitu ada beberapa perangkat yang masih belum didukung dengan format partisi exFAT ini.

Demikian ulasan dari kabarselular.com kali ini tentang perbedaaan, kelebihan serta kekurangan yang dimiliki oleh 3 macam format yakni FAT32, NTFS, exFAT.

Semoga ulasan kali ini bisa bermanfaat untuk kamu dan bisa juga menjadi acuan kamu dalam memberikan format ke masing – masing perangkat yang kamu miliki, terima kasih.

Kelebihan Dan Kekurangan Format FAT32, NTFS Dan exFAT | Maressa Bernadetta Anastasya | 4.5