Tunggu, sedang memuat. . .

Huawei Mate X Rilis: Samsung Harus Takut, Ini Alasannya

Advertisement

Huawei Mate X Rilis: Samsung Harus Takut, Ini Alasannya – Rumornya benar: Huawei telah memasuki keributan lipatan lipat, dengan Huawei Mate X ponsel lipat yang dikemas dengan inovasi termasuk konektivitas 5G dan baterai ganda pengisian cepat.

Huawei Mate X

Diumumkan di Mobile World Congress 2019, Mate X adalah faktor bentuk yang sama sekali baru untuk Huawei yang menggunakan dua layar yang kemudian tergabung menjadi tablet 8-inci. Huawei menggunakan sesuatu yang disebut desain Falcon Wing untuk proses pelipatannya yang memungkinkan layar melipat dari bawah untuk menciptakan layar yang lebih besar.

Baca Juga: Ikuti Tips Ini Agar Jenis HP Smartphone Androidmu Makin Awet

Ini desain yang mengesankan, tetapi tidak murah: Mate X akan menelan biaya sekitar Rp 37 juta berdasarkan konversi mata uang) untuk varian penyimpanan 8GB RAM / 512GB. Singkatnya, Samsung mencantumkan harga mulai dari Rp 28 juta untuk ponsel Galaxy Lipat yang fleksibel.

Bagaimana Rasanya Menggunakan Telepon yang Dapat Dilipat?

Huawei menyebut Mate X sebagai ponsel terlipat “dunia”. Pada saat ponsel yang dapat dilipat masih sangat muda, ini bukan yang terbesar yang pernah dibanggakan, tetapi lipat Mate X – dan lipat rata – dan perangkat ini hanya setebal 11 milimeter (atau 0,43 inci). Bandingkan dengan Samsung Galaxy Fold, yang dilaporkan setebal 17mm, dan ini adalah perangkat langsing.

Layar 8-inci Mate X dibagi menjadi dua panel ketika perangkat dilipat – satu layar 6,6 inci yang akan berfungsi sebagai tampilan smartphone “utama” Anda, dan satu lagi di bagian belakang yang berukuran 6,38 inci dan duduk rata dengan bar yang menampung tumpukan kamera ponsel, port USB Type-C dan banyak sirkuit lainnya.

Perangkat ini lebih berat dari rata-rata smartphone Anda, tetapi tidak sebesar yang Anda harapkan. Bahkan, sambil memegangnya dengan tangan kami, Mate X terasa cukup ringan ketika dilipat dalam mode tablet penuh, dan tentu saja akan menimbang sebagai salah satu tablet 8 inci yang lebih ringan di luar sana. Hanya ketika kami memegang perangkat di tangan kami menutup bahwa semua perangkat keras tambahan benar-benar membuat kehadirannya diketahui.

Huawei mengatakan bahwa ia masih melakukan penyetelan perangkat lunak unit prototipe yang kami tangani, dan berdasarkan pengalaman kami dengannya, tampaknya itulah masalahnya. Ada jeda beberapa detik ketika Mate X mencari tahu bahwa ia perlu mengubah orientasi layar, dan ketika perangkat dilipat, ia tidak selalu tahu sisi mana dari layar yang akan digunakan. Faktanya, Mate X menyala sisi mana saja yang menghadap ke bawah di telapak tangan kami, sampai kami mematikan layar dan menghidupkan lagi.

Tampilan yang dapat dilipat menekuk hingga 180 derajat penuh dan kemudian terkunci. Ada tombol di bagian atas bilah, di bawah kamera, yang membuka penutup layar sehingga dapat dilipat. Meskipun kami tidak dapat melipat telepon kami sendiri. Perwakilan Huawei menangani tugas itu, kami dapat menekan tombol itu yang membuat tampilan keluar. Ada umpan balik mekanis yang pasti untuk itu, tetapi dengan cara yang terasa benar.

Tampilan 4K yang Fleksibel

Saat ditutup, Mate X menawarkan layar 6,6 inci yang menghadap ke depan dengan resolusi 2480 x 1148 dan rasio aspek 19,5: 9. Itu didukung oleh layar belakang berukuran 6,38 inci (resolusi 2480 x 892, rasio aspek 25: 9).

Menariknya, Anda dapat menggunakan Mate X yang terbuka baik dalam orientasi vertikal maupun horizontal. Namun, karena rasio aspeknya hampir seperti bujur sangkar, itu tidak membuat banyak perbedaan di mana Anda memegang perangkat. Sebagai bonus, ketika Anda meletakkan flat Mate X dengan bar di ujung yang berlawanan dari tempat Anda duduk, itu akan menyangga bagian atas layar, yang mungkin memberikan pengalaman mengetik yang sedikit lebih ergonomis.

Advertisement
Huawei Mate X Rilis: Samsung Harus Takut, Ini Alasannya | sinta adk | 4.5